Lingkar Ganja Nasional Gelar Aksi

Ditulis pada May 7, 2011 – 7:50 am | by admin |

DAUN%20GANJA Lingkar Ganja Nasional Gelar Aksi Gagasan melegalkan ganja di Indonesia menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan. Di mata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, Indonesia tidak mungkin melegalkan ganja seperti yang sudah dilakukan Belanda karena kondisinya berbeda.

“Ide sih boleh-boleh saja, tapi kalau dilegalkan nggak lah. Nggak mungkin itu. Hukum kita mengatakan ganja berbahaya bagi masyarakat dan kita bukan negara bebas,” ungkap Jusuf Kalla saat ditemui detikcom di Kantor Pusat PMI di Jl Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (6/5/2011).

Kalla membandingkan kondisi tersebut dengan negara lain seperti Belanda yang memang sudah sejak dulu melegalkan ganja. Menurutnya, perangkat hukum di Belanda sudah lebih jelas sehingga tidak ada masalah untuk melegalkan ganja karena tetap bisa dikontrol.

Berbeda dengan Belanda, hukum Indonesia mengatakan bahwa ganja berbahaya bagi masyarakat. Kalla tidak menyebut dampak negatif penggunaan ganja, namun mengatakan bahwa tanaman itu berbahaya bagi masyarakat Indonesia karena pengetahuannya masih rendah.

Gagasan untuk melegalkan ganja di Indonesia datang dari kelompok yang menamakan diri Lingkar Ganja Nusantara (LGN). Kelompok ini menilai, ganja memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan kerugian antara lain untuk keperluan medis dan industri.

Selama ini, Undang-undang Nomor 3/2009 tentang Narkotika memasukkan ganja sebagai Narkotika golongan I. Artinya, tanaman ini hanya boleh digunakan untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan tidak boleh dipakai untuk keperluan lain termasuk layanan kesehatan.

Bukan hanya di Indonesia, legalitas ganja juga menjadi kontroversi di banyak negara. Bahkan di negara liberal seperti Amerika Serikat sekalipun, baru 16 dari 42 negara bagian yang sudah melegalkan ganja, itupun terbatas untuk keperluan medis.

Pada hari ini Lingkar Ganja Nasional (LGN) akan menggelar aksi damai untuk untuk memulihkan citra dan posisi tanaman ganja. Aksi akan berlangsung di kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat sejak pukul 08.00 WIB.

“Rencana pukul 08.00 WIB. Di Tugu Tani,” ujar salah satu anggota Lingkar Ganja Nasional, Opa saat dihubungi detikcom, Jumat (6/5/2011).

Sebelumnya, aksi akan dilaksanakan di kawasan silang Monas. Namun karena sedang berlangsung KTT ASEAN di JCC Senayan, aksi tersebut dipindahkan ke kawasan Tugu Tani.

“Kita dapat jalan yang lurus, kita sudah mendapat izin dari polisi. Di sana (Monas) harus steril karena ada KTT Asean,” jelasnya.

Opa memperkirakan aksi tersebut akan dihadiri oleh sekitar 200 massa simpatisan. Aksi juga akan dihibur oleh band-band yang mendukung legalisasi Ganja di Indonesia.

“Semua pendukung LGN. Ada bandnya juga,” ungkapnya.

Meski mendapat kritik dari berbagai pihak mengenai aksi tersebut, Opa mengaku tidak masalah. Dia dan kelompoknya bertujuan untuk membuka mata dan telinga masyarakat dan pemerintah mengenai tanaman Ganja tersebut.

“Kita harus lihat secara objektif. Kenapa ganja harus diharamkan, kenapa masuk golongan narkotika, faktanya tidak,” tandasnya.

sumber : detiknews.com

Berita Terkait

Profil M. Busyro Muqoddas
DR. M. Busyro Muqoddas, S.H,...
Tanggapan FIFA Soal Diloloskanya George Toisuta Dan Arifin Panigoro
FIFA merespons keputusan Komite...
FIFA Tidak Hukum PSSI
Masyarakat pecinta sepakbola...
Giliran Malaysia Bakal Menghukum Mati 11 TKI
Tak hanya di Arab Saudi,...

Beri Komentar